Friday, May 25, 2018

Hal Random yang Perlu diketahui Sebelum ke Hongkong dan Macau (Pergi tanpa Tour)

Masih cukup fresh banget ingatan aku tentang perjalanan perdana aku ke Hongkong dan Macau bersama mama aku. Hongkong adalah negara yang menurut aku cocok banget untuk dikunjungi bagi backpacker karena moda transportasinya sangat terintegrasi dengan tempat-tempat wisatanya dan nggak membingungkan sama sekali walau kamu nggak ngerti bahasanya sama sekali.

Kemudian aku mengkhususkan post ini untuk kalian yang berpergian tanpa tur, jadi kalian bukan naik bus rombongan tur, murni keliling-keliling pakai transportasi umum di sana; juga aku khususkan untuk orang yang baru pertama kali ke Hongkong dan Macau.


Hongkong dan Macau adalah Negara Bebas Visa bagi WNI
Exactly, jadi kalian hanya butuh paspor untuk ke dua negara ini jika kalian pemegang paspor Indonesia! Asik kan?! Kalian tinggal bermodal mencari tiket murah either ke Hongkong atau ke Macau, trus tinggal naik ferry untuk menyeberang ke masing-masing negara.

Jangan Buang Kertas Apapun yang diberikan Imigrasi
Sebenarnya ini berlaku di mana aja sih. Jadi simpan aja kertas-kertas apapun yang kalian dapat dari imigrasi. Hongkong dan Macau tidak mendapatkan stamp di paspor juga.

Download Peta MTR & Aplikasi MTR
Ini sih udah yang paling kudu, harus, wajib banget. MTR (Mass Transit Railway) adalah moda transportasi yang mudah dan murah di Hongkong selain bus dan benar-benar terintegrasi. Tempat wisata di Hongkong itu kebanyakan dekat dengan MTR. MTR sangat mudah dipahami kok jalurnya. Biar lebih mudah juga bisa download aplikasinya di gadget kalian karena aplikasinya bisa membantu kalian untuk misalnya transit di mana atau ongkosnya berapa. Untuk menggunakan MTR bisa membeli terlebih dahulu Octopus Card (bisa juga digunakan untuk bus, jajan-jajan di minimarket, dst) ataupun membeli tiket di ticketing machine yang ada di setiap stasiun MTR tapi memang sedikit membingungkan.



Download Google Maps
Jika backpacker, sudah jelas dan sudah pasti jangan berharap akan duduk manis dan sampai di tempat tujuan dengan mudah. Misalnya pas aku ke Macau, setelah turun dari shuttle, aku harus berjalan kaki lagi ke tempat wisata yang aku mau dan aku bener-bener no idea jalannya ke mana. Jadi Google Maps sangat membantu.

Bawa Sneakers atau Alas Sepatu Lain yang Nyaman
Ke Hongkong dan Macau apalagi tanpa tur akan benar-benar memaksa kamu untuk berjalan kaki. Orang-orang Hongkong pun semua langkahnya sangat cepat, baik yang muda atau tua. Jadi jangan tersinggung jika kalian berjalan sering ditabrak karena pace mereka cepat banget, agak berbeda dengan Orang Indonesia yang umumnya jalannya lebih lambat. Jadi, aku saranin banget kalian pakai alas kaki yang nyaman terlebih lagi kalau kalian jarang jalan kaki.

Beli Voucher Atraksi Secara Online
Selain karena masalah mudah, biasanya voucher atraksi yang dibeli di online akan jauh lebih murah dibanding on the spot. Antriannya juga nggak sepanjang yang beli on the spot. Jadi sangat recommended banget jika kalian sudah membeli voucher atraksi secara online.

Nggak Semua Orang Bisa Bahasa Inggris
Walaupun daerah wisata yang sangat populer, hampir semua orang tidak bisa berbahasa Inggris. Orang Hongkong terutama yang sudah senior, mereka kebanyakan bicara Cantonese. Jadi memang agak kesulitan untuk nanya-nanya, misalnya nanya arah, tempat, menu makanan dan sebagainya. 

Kalau di Eskalator, Sebelah Kiri untuk Jalan Terus
Kebanyakan Orang Indonesia mengabaikan hal ini, aku bisa bicara seperti ini karena aku pengguna moda transportasi umum yaitu Commuter Line Indonesia dan sangat geram dengan orang yang stand still di eskalator di sisi yang seharusnya untuk orang terburu-buru. Jadi please jangan lakukan ini di Indonesia maupun di Hongkong, di manapun! Kita harus menghargai waktu orang. Kalau di Hongkong, lajur sebelah kiri untuk berjalan terus dan mereka sangat menaati hal ini.

Kalau Barang Bawaan Banyak dan Besar, Jangan Naik MTR, Naik Bus Saja
Hal ini aku alamin banget di hari terakhir ketika barang bawaan makin banyak saja karena belanja ini belanja itu. Berapa kali barang aku nyangkut di pintu tapping MTR karena pintunya kecil. Belum lagi karena MTR letaknya di bawah tanah, jadi mesti ada usaha untuk mengangkut-angkut barang. Jadi ribet banget. Sebaiknya naik bus dan barang bawaan bisa disimpan di bagasi bus. Bus di Hongkong juga sangat terintegrasi.

Hongkong Dollar Bisa dipakai di Macau
Jadi jika kalian sudah punya Hongkong Dollar dan berencana ke Macau, jangan khawatir jika kalian tidak mempunyai Macau Dollar. Hongkong Dollar bisa digunakan juga di Macau dengan kurs yang sama (1 Hongkong Dollar = 1 Macau Dollar), tapi jangan lupa untuk request kembaliannya dalam Hongkong Dollar jika kalian memang masih akan menggunakan Hongkong Dollar.




Jika kalian ada tambahan, silahkan komen di bawah ya :D






















2 comments:

  1. BERGABUNGLAH BERSAMA DENGAN B O L A V I T A . WIN

    BANYAK BONUS & PROMO DI SETIAP HARINYA!!!

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...